Pemanfaatan Copywriting untuk Meningkatkan Brand Awareness Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Authors

  • Dini Safitri Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56655/winco.v3i1.165

Keywords:

copywriting, brand awareness, UMKM

Abstract

Copywriting is one way to market a brand of a product or service. It's just that the way of marketing with copwriting is not widely known and controlled by UMKM actors in Indonesia. Therefore, many quality UMKM businesses are not well known to the wider community because there is no good marketing using copywriting. The purpose of this study is to provide an overview of the importance of using copywriting to increase UMKM brand awareness. The research methodology uses qualitative methods by conducting direct observations to UMKM in the community who care about the Ciliwung river. The results show that by utilizing copywriting, UMKM can increase brand awareness of the products being sold. In addition, UMKM actors can also carry out personal branding as UMKM actors with the social activities they do in helping the surrounding community. The use of copywriting to increase MSME brand awareness must continue to be carried out so that the benefits can be felt.

References

K. Widiawati, K.D.K.A. Wardani, A.N.E.S. Gorda. “Cara Memasarkan Produk UMKM pada Masa Covid-19 melalui Media Sosial,” Jurnal Inovasi Hasil Pengembangan Masyarakat (Jipemas), Vol.5, no.3, pp. 474-485, 2022

T. Firdaus, “Meningkatkan Brand Awareness UMKM Koffie Hideung Melalui Strategi Pengelolaan Media Sosial di Desa Medalsari,” Abdima Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no.1, pp. 58–63, 2022

B. Patnandi, D. Mustikasari, I. P. Astuti, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Pelaku Usaha Mikro Untuk UMKM Menggunakan Algoritma Electre (Elimination and Choice Translation Reality),” Jurnal Informatika dan Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 115–124, Febuari 2022

L. D. Fitrani, N.H.U. Dewi, G. Hudiwinarsih, A.K. Riqqoh, L. Purnamasari, A. Soebijanto, “Pendampingan Pembuatan dan Implementasi Konten Sosial Media Campaign Dalam Meningkatkan Brand Awareness UMKM,” Gervasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 6, no. 2, pp. 464–476, Agustus 2022

E. Widia, “Diseminasi Penggunaan Sosial Media Dalam Perluasan Sebaran Pemasaran Pada Produk UMKM,” Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat., vol. 2, no.1, pp. 99–114, 2021

Z. Z. Rahmah, Y. Rahmah, C. Purnama, D. Fatma, M. Rahmah, “Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap UMKM di Desa Kintelan (Studi Kasus UMKM di Desa Kintelan Kelurahan Puri Kabupaten Mojokerto,” Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2022

Y. Yuritanto, V. Pangestu, A. Armansyah. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi Library Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo @Koperjas). Jurnal Ilmu Perpustakaan., vo.7 no.2, pp.21-30, 2021.

F. Augustinah dan Widayati, “Produk-produk yang ditawarkan,” Jurnal Dialektika, vol.4, no.2, 1-20, 2019.

N. W. Nandaryani, N.A. Santosa, I.P.D.A. Putra, “Analisis Desain Konten Instagram Sebagai Strategi Promosi @sayurboxbali,” Senada, Vol.4, pp. 407-415, 2021.

S. Maryolein, N.D. Hapsari dan R.C. Oktaviani. “Instagram sebagi Media Publikasi dalam Membangun Brand Awareness Jakarta Aquarium,” Avant Garde vol.7 no.1, pp.19-41, 2019

M.A. Hanindharputri dan A.A. Pradnyanita. “Konten Visual Instagram sebagai Stategi Pemasaran UMKM Baru,” Snades, 2021

Nadhiro. “Pengaruh Social Media Marketing terhadap Brand Awareness pada Followers Instagram Warunk Upnormal,” Commercium vol.2, no.2, pp.88-92, 2019

F. Nida dan S. Dhiyauhaq, “Pelatihan dan Pendampingan Copywriting untuk Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Banyumas dan Sekitarnya” Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat vol.3, no.1. pp.33-39, 2022

D. Safitri, N.A. Romli, D. Siregar. “Penguatan Kapabilitas Wirausaha Perempuan pada Pandemi Covid-19”. Dinamika Dimensi Sosial-Ekonomi: Merespon Krisi Covid-19 pp.18-23, Desember 2021

N.A. Romli, D. Safitri, P. Yustisia, K. Rosdiano. “Inovasi Marketing Communication Produk Grameen Bank Untuk Pemberdayaan Komunitas Wirausaha Perempuan”. Metacommunication, Journal of Communication Studies Vol. 6 no.2, pp.145-155, 2021

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2022

D. Safitri, N.A. Romli, D. Siregar, “Pelatihan Komunikasi Persuasif Dalam Menarik Minat Konsumen Pada Komunitas Wirausaha Perempuan” Ethos: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol.10, No.1. pp.77-84, 2022

C. Hackley dan A.R. Hackley, “Advertising at the Treshold: Paratextual Promotion in The Era of Media Convergence” Marketing Theory vol.19, no.2, pp.195-215, 2018. https://doi.org/10.117/1470593118787581

R. Maulana, Nurmalasari, M.S. Maulana, M.N. Winarto, M.Iqbal, B. Lailiah. “Pelatihan Menjadi Talenta Digital Dengan Copywriting” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Jotika vol. 2 no.1, pp. 12-15, 2022

R.P. Dewi, M.I. Romadhan, M. Rizqi, “Implementasi Model PR Public Information melalui Aktivitas Copywriting di Conncetpedia Indonesia” Seminar Nasional Hasil Skripsi vol.1 no.1, pp.97-105, 2022

D. Safitri. “Penulisan Naskah Kehumasan”. Prenada Media, 2022

D. Kurniawati dan Y.S. Waluyo. “Pelatihan Teknik Copywriting dalam Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Canva untuk Pengusaha Micro yang Tergabung dalam WOOBIZ” Mitra AKademia vol.2, no.2, pp.21-25, 2019

B. Arianto, “Buzzer Media Sosial dan Branding Produk UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta” Jurnal UMKM Dewantara vol.2, no.1, pp.27-46, 2019

H.W. Satria dan D.K. Agustine, “Tinjauan Alur Kerja Copywriter Divisi Konten Media Suitmedia Dalam Industri Kreatif Pemasaran Digital” Jurnal Sosial Humaniora Terapan vol.2, no.1, pp.35-43, 2019

A.H. Julius dan D.A.C. Agustin, “Strategi Copywriting dalam Meningkatkan Kerjasama Pada Telkom Indonesia”, Jurnal Ekombis Review-Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis vol.10, no.2, pp.1371-1382, 2022

A.P. Rosadi dan W.A. Wiksana, “Penggunaan Sosial Media Tiktok Sebagai Sarana Personal Branding Skill & Videographer” Bandung Conference Series: Communicaion Management vol.2, no.1, pp.159-165, 2022

A. Korzh dan A. Estima. “The Power of Storytelling as a Marketing Tool in Personal Branding”. International Journal of Business Innovation, pp. e28957-e28957, 2022

F.D. Ramadini dan I.A. Dianita “Strategi Personal Branding Male Beuaty Infleuncer @Yudhistirawr di Instagram” Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi vol.5 no.1, pp. 171-183, Febuari 2022

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Safitri, D. (2024). Pemanfaatan Copywriting untuk Meningkatkan Brand Awareness Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Prosiding Seminar Nasional Wijayakusuma National Conference , 3(1), 30–34. https://doi.org/10.56655/winco.v3i1.165